0
Inti Kandungan Q.S Al - Fatihah - Hai Sobat ALAMSYAH029, Pada artikel yang anda baca kali ini dengan judul Inti Kandungan Q.S Al - Fatihah, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Al Qur'an, Pendidikan, Seputar Islam, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Inti Kandungan Q.S Al - Fatihah
link : Inti Kandungan Q.S Al - Fatihah

sumber gambar : http://i2.wp.com

Assalamualaikum wr. wb


Maha Besar Allah dengan segala Keagungan-Nya,
Selamat siang semuanya, sahabat muslim wal muslimat, tujuan hidup di Dunia dewasa ini adalah semata hanya untuk  beribadah kepada-Nya. karena Kepada-Nya pulang kita akan berpulang,  Hal terkecil dari kita sesmua adalh dengan menjalankan hidup kita sesuai dengan pedoman hidup ini sesuai  dengan (Al-Qur'an) dimana didalamnya tersirat pesan untuk kehidupan dunia maupun akhirat, salah satunya Adalah surah palng pertama dalam Al-Qur'an , Al-Fatihah, pasti sudah tahukan semuanya bagi saudara muslimku semua.. tapi apakah kandungan yang terdapat di dalamnya?? 
Dibawah ini merupakan sebagian dari apa yang terkandung dalam Q.S Alfatihah ini :

1. MASALAH KEIMANAN
Yaitu keimanan kepada ALLAH SWT. Yang secara tegas dinyatakan bahwa segala puji serta ungkapan rasa syukur, hanya tertuju kepada ALLAH SWT. Meyakini hal itu merupakan suatu keimanan. Dia-LAH sumber segala nikmat dan penguasa seluruh alam tanpa kecuali. Kenikmatan itu sendiri bersifat menyeluruh, meliputi segala kenikmatan yang dapat dirasakan oleh manusia.

Kata RABB dalam RABBIL'AALAMIIN, tidak hanya berarti "TUHAN" atau "PENGUASA", Tetapi juga mempunyai pengertian mendidik (tarbiyah) atau menumbuhkan.
Dengan menyadari bahwa segala kenikmatan bersumber dari ALLAH. Ini berarti menjadi suatu pendidikan bagi setiap insan yang meyakininya, agar kenikmatan tersebut disyukuri.
ALLAH sebagai Tuhan yang menguasai dan merajai seluruh alam ini, hendaknya tanda tanda kekuasaan-NYA benar benar dipikirkan oleh manusia, agar dirinya memperoleh kenikmatan yang dapat mempertebal keyakinan akan kemutlakan ALLAH.
Manusia tidak cukup meyakini ALLAH sebagai Tuhan saja, tetapi juga membutuhkan penegasan bahwa dirinya juga menyembah dan mengabdi serta memohon pertolongan, hanya kepada-NYA. Hal ini yang ditegaskan secara jelas dalam ayat kelima dalam surat Al Fatihah. Didalamnya terdapat isyarat tauhid atau keimanan yang paling tinggi, karena pengamalan terhadap ayat kelima IYYAAKA NA'BUDU WA IYYAAKA NASTA'IINU, menunjukan ketidak berdayaan manusia sebagai hamba ALLAH yang harus mengabdi secara total kepada-NYA.

2. HUKUM HUKUM
Jalan lurus atau jalan kebenaran dan bagaimana seharusnya menempuh jalan itu untuk mencapai kebahagiaan dunia akhirat. Yang dimaksud "hidayah" sebagaimana terdapat dalam ayat keenam "IHDINAA SHIRAATHAL MUSTAQIIMA", adalah petunjuk untuk menempuh kebenaran dan bukan menyimpang daripadaNYA. Hidayah ini meliputi Ahlak, keyakinan, hukum hukum, pelajaran dan sebagainya, yang secara keseluruhan menjadi inti kebahagiaan di dunia dan akhirat apa bila dikerjakan secara benar dan lurus.


3. KISAH KISAH.
Pada ayat terakhir surat Al Fatihah ini mengandung kisah kisah para penentang ALLAH, yaitu orang orang yang menyimpang dari tuntunan dan petunjukNYA sehingga menyebabkan mereka tersesat.

Ayat terakhir terdapat dua perbedaan manusia yang sangat menyolok.
Yang satu adalah kelompok manusia yg diberi nikmat oleh ALLAH (ALLADZIINA AN'AMTA 'ALAIHIM), Dan yang lain adalah orang orang yang sesat (DHAALLIIN). Golongan manusia yang memperoleh nikmat adalah para Nabi, Shiddiqqiin (mereka yang benar benar beriman), Syuhadaa'(mereka yang mati Syahid) dan Shalihin (mereka yang shaleh). Sedangkan golongan MAGHDUB dan DHAALLIIN adalah mereka yang menyimpang dari ajaran agama(islam), yang berarti menyimpang dari jalan ALLAH.

Dikutip dari postingan User Facebook.





Demikianlah postingan Al Qur'an, Pendidikan, Seputar Islam, Inti Kandungan Q.S Al - Fatihah kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Oke, See you di postingan berikutnya.

Anda telah membaca Al Qur'an, Pendidikan, Seputar Islam, Inti Kandungan Q.S Al - Fatihah dari link https://alamsyah029.blogspot.com/2014/04/inti-kandungan-qs-al-fatihah.html

Baca Juga :


Post a Comment

 
Top