0
Mana Jurusang Terbaik dalam Bidang Komputer - Hai Sobat ALAMSYAH029, Pada artikel yang anda baca kali ini dengan judul Mana Jurusang Terbaik dalam Bidang Komputer, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Mana Jurusang Terbaik dalam Bidang Komputer
link : Mana Jurusang Terbaik dalam Bidang Komputer



sumber gambar : http://4.bp.blogspot.com

Dede Alamsyah  27/04/14

Bingung dalam memilih jurusan ? yaa.. itu merupakan sebuah permasalah yang klasik karena dengan itulah yang akan menentukan kita kedepannya mau jadi apa dan akan bagaimana,. Benar kah itu ??
Dari sebuah buku yang berjudul “ Dapat Apasih dari Universitas”  Penulis Mas Romi ( Pendiri IlmuKomputer.Com) sangatlah menarik untuk di kaji berkaitan dengan permasalahan seperti ini.
Pada dasarnya secara konsep kurikulum bidang komputer di Indonesia sudah cukup baik. Kurikulum Indonesia mengacu dan mengadaptasi dari Computing Curricula , yaitu panduan kurikulum bidang komputer  (Computing) yang diterbitkan secara bersama oleh oleh ACM  (The Association for Computing Machinery) , AIS  (The Association for information system)dan IEEE-CS (The IEEE Computer Society) . Dari beberapa dokumen usulan kurikulum yang diajukan APTIKOM ( Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer) mengacu pada Computing Curricula 2001 dan 2005, hanya saja pada saat ini dalam penerapan masih kurang karena terbatasnya Kualitas SDM Pengajar, infrastruktur minimnya Buku Teks, dan lain sebagainya. Itulah kendala untuk kita perbaiki bersama sebagai calon peerus bangsa ini.
Indonesia hanya mengadaptasi Computing Curricula dan bukan mengadopsi, dimana tidak semua nama jurusan atau mata kuliah di Indonesia sama dengan di Computing Curricula. Pada Computing Curricula memberikan panduan tentang penyelenggaraan, penamaan mata kuliah beserta pembototannya dan penyusunan kurikulum pada 5 jurusan yaitu :
1.       Computer Engineiring, ( CE : Teknik Komputer)
2.       Computer Science, ( CS : Ilmu Komputer)
3.       Information Sistem, ( IS : Sistem Informasi )
4.       Information Technology, (IT : Teknologi Informasi )
5.       Software Engineering, (SE : Rekayasa Perangkat Lunak )

Sedangkan adaptasi dan acuan kurikulum di Indonesia  adalah :
1.       Computer Science, untuk Program Studi ( Jurusan ) Teknik Informatika atau Ilmu Komputer
2.       Computer Engineering, untuk Program Studi ( Jurusan ) Sistem Komputer dan Teknik Komputer
3.       Information Sistem,  untuk Program Studi ( Jurusan ) Sistem Informasi dan Manajemen Informatika
Software Engineering dan Information Technology, di Indonesia masih bisa termasuk kedalam salah Jurusan Teknik Informatika atau Ilmu Komputer
Terus Bagaimana dengan jurusan yang paling baik dalam bidang komputer ini,? Dan apa perbbedaannnya?? Dalam buku ini di jelaskan bahwa semua jurusan (Program Studi) sebenarnya memiliki mata kuliah yang boleh dikatakan “sama”,  hanya pembobotannya yang berbeda. Bobot inilah yang nantinya menentukan jalur karier dari bidang kerja lulusan .

Kompetensi Lulusan setiap jurusan didesain seperti berikut :
1.       Computer Engineiring, ( CE : Jurusan Sitem Komputer atau Teknik Komputer)
Diharapkan menghasilkan lulusan yanng mampu mendesain dan mengimplementasikan sistem yang terintegrasi baik software maupun hardware.

2.       Computer Science, ( CS : Jurusan Teknilk Informatika atau Ilmu Komputer)
Diharapkan menghasilkan lulusan dengan kemampuan yang cukupluas dimulai dari penguasaan teori (konsep) dan pengembangan software.

3.       Information Sistem, ( IS : Jurusan Sistem Informasi atau Manajemen Informatika)
Diharapkan menghasilkan lulusan yang mampu menganalisis kebutuhan (requirement) dan proses bisnis, serta mendesain sistem berdasarkan pada tujuan organisasi

4.       Information Technology, (IT : Teknologi Informasi )
Diharapkan menghasilkan lulusan yang mampu bekerja secara efektif dalam merencanakan, mengimplemetasikan, mengonfigurasi, dan memaintain insfrtruktur teknologi informasi dalam organisasi.

5.       Software Engineering, (SE : Rekayasa Perangkat Lunak )
Diharapkan menghasilkan lulusan yang mampu mengelola aktifitas pengembangan software bersekala besar dalam tiap tahapannya (Software development life cycle)

Nah, Bagaimana masih bingungkah? Dalam memilih jurusan dalam bidang komputer, pada dasarny semua sama hanya bagaimana kita dalam memilihnya keahlian atau ‘ngeh’ nya kita dimana, oke .. Pemirsa cukup sekian dulu,,
Selamat berjumpa di artikel selanjutnya...


sumber dari buku : Dapat Apasih dari Universitas - Mas Romi


Demikianlah postingan Artikel, Mana Jurusang Terbaik dalam Bidang Komputer kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Oke, See you di postingan berikutnya.

Anda telah membaca Artikel, Mana Jurusang Terbaik dalam Bidang Komputer dari link https://alamsyah029.blogspot.com/2014/04/mana-jurusang-terbaik-dalam-bidang.html

Baca Juga :


Post a Comment

 
Top