0
Perangkat Pembelajaran TIK SMA K13 Revisi 2020 - Hai Sobat ALAMSYAH029, Pada artikel yang anda baca kali ini dengan judul Perangkat Pembelajaran TIK SMA K13 Revisi 2020, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Perangkat Pembelajaran, SMA, TIK SMA, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Perangkat Pembelajaran TIK SMA K13 Revisi 2020
link : Perangkat Pembelajaran TIK SMA K13 Revisi 2020

Perangkat Pembelajaran TIK SMA 

Kurikulum 2013 Revisi 2020




Perangkat pembelajaran informatika atau yang sebelumnya dikenal dengan teknologi informasi dan komunikasi adalah alat atau perlengkapan untuk melaksanakan proses yang memungkinkan pendidik dan peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran. Perangkat pembelajaran informatikan menjadi pegangan bagi guru khususnya guru teknologi informasi dan komunikasi dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium atau di luar kelas. Dalam Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah disebutkan bahwa penyusunan perangkat pembelajaran merupakan bagian dari perencanaan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran dirancang dalam bentuk silabus dan RPP yang mengacu pada standar isi. Selain itu, dalam perencanaan pembelajaran juga dilakukan penyiapan media dan sumber belajar, perangkat penilaian, dan skenario pembelajaran.

Administrasi/ Perangkat Pembelajaran informartika Kurikulum 2013 yang coba kami bagikan ini dapat anda gunakan rebagai referensi/ contoh untuk pembuataan perangkat pembelajaran teknologi infomasi dan komunikasi SMA kurikulum 2013.

Dalam perangkat pembelajaran TIK terdapat Kompetensi Inti terdiri atas 4 (empat) aspek, yaitu: KI-1 (sikap spiritual), KI-2 (sikap sosial), KI-3 (pengetahuan), dan KI-4 (keterampilan). Sikap Spiritual dan Sikap Sosial pada Mata Pelajaran TIK/Informatika tidak dirumuskan, tetapi hasil pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) dari pengetahuan dan keterampilan. Kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Sedangkan kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan dirinci lebih lanjut dalam KD mata pelajaran. Kompetensi inti sikap spiritual dan sikap sosial pada mata pelajaran TIK/Informatika tidak dirumuskan namun menjadi fondasi dalam pembelajaran TIK/Informatika. Kompetensi spiritual dan sikap sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung.

Lingkup Materi Pembelajaran TIK/ informatika SMA K13 :

  •     Aplikasi Pengolah Angka
  •     Aplikasi Pengolah Grafis
  •     Aplikasi Pengolah Kata
  •     Aplikasi Pengolah Presentasi
  •     Aplikasi File Explorer
  •     Produk TIK (piranti spt IoT)
  •     Aplikasi Media Sosial
  •     Aplikasi Pengelola Web Content

Di tingkat SMA, pembelajaran Informatika dilakukan melalui problem solving dan pengembangan program komputer mengacu ke proses enjinering dipraktekkan peserta didik dalam rangka membangun pengetahuan baru serta membentuk keseimbangan antara keterampilan dan sikap ilmiah. Kerja dengan proses enjinering selain sebagai proses pembelajaran juga sebagai keterampilan proses yang harus dibentuk dalam proses pembelajaran.


Download Perangkat Pembelajaran TIK SMA Kurikulum 2013 Revisi 2020



Demikianlah postingan Perangkat Pembelajaran, SMA, TIK SMA, Perangkat Pembelajaran TIK SMA K13 Revisi 2020 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Oke, See you di postingan berikutnya.

Anda telah membaca Perangkat Pembelajaran, SMA, TIK SMA, Perangkat Pembelajaran TIK SMA K13 Revisi 2020 dari link https://alamsyah029.blogspot.com/2020/12/perangkat-pembelajaran-tik-sma-k13.html

Baca Juga :


Post a Comment

 
Top