0
Penemuan Unsur Hidrogen - Hai Sobat ALAMSYAH029, Pada artikel yang anda baca kali ini dengan judul Penemuan Unsur Hidrogen, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Penemuan Unsur Hidrogen
link : Penemuan Unsur Hidrogen

Hidrogen dalam bahasa latin Hydrogenium yang terdiri dari kata Hydro (air) dan Genesis (membentuk) merupakan salah satu unsur kimia yang memiliki nomor atom 1 dimana unsur Hidrogen memiliki sifat tidak berbau, tidak berwarna, dan mudah terbakar. Unsur ini merupakan unsur yang paling ringan didunia. Hampir setiap unsur didunia memiliki unsur hidrogen. Karakteristik Hidrogen antara lain:
  • Merupakan unsur yang paling banyak, meliputi 75% dari unsur yang ada di alam semesta
  • Merupakan unsur yang paling sederhana yang hanya terdiri dari satu proton dan satu elektron
  • Merupakan unsur yang paling ringan, dan 14 kali lebih ringan dari udara
  • Tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak beracun.
  • Tidak menghasilkan pencemaran udara karena langsung berdifusi dengan udara

Penemuan Atom Hidrogen

T. Von Hohenheim (dikenal juga sebagai Paracelsus, 1493–1541) melakukan percobaan pencampuran logam dengan asam kuat yang menghasilkan gas yang mudah terbakar. Inilah pertama kali H2 di temukan.
Robert Boyle menemukan dan mendekripsikan ulang penemuan gas hasil reaksi antara logam dengan asam ini
Henry Cavendish pada tahun 1766 adalah orang pertama yang berhasil mengidentifikasi bahwa hasil dari reaksi logam dengan asam merupakan "gas yang mudah terbakar". Kemudian pada tahun 1781 dia menemukan bahwa gas ini akan menghasilkan air ketika dibakar.
Antoine Lavoisier  pada tahun 1783 memberikan unsur ini dengan nama hidrogen dengan mengulang kembali penemuan Cavendish 
James Dewar pada tahun 1898 menggunakan penemuannya yaitu "Guci Hampa" berhasil mencairkan unsur ini dan kemudian pada tahun 1899 berhasil menghasilkan hidrogen padat.

Penggunaan Hidrogen

Selama ini hidrogen digunakan dalam bentuk gas dan bentuk cair yang banyak digunakan oleh industri - industri besar. Gas ini kabarnya digunakan oleh pesawat ulang alik sebagai bahan bakar. Secara lebih rinci berikut penggunaan hidrogen dalam kehidupan sehari- hari
  • Industri Pupuk
Dengan mereaksikan antara hidrogen dengan nitrogen yang menghasilkan zat amonia sebagai bahan dasar pupuk

  • Industri Minyak Goreng

Hidrogen digunakan untuk meningkatkan tingkat kejenuhan minyak goreng sehingga akan mengentalkan minyak yang membuat minyak tersebut tidak cepat rusak
  • Industri Bahan Bakar
 Penggunaan hidrogen pada proses pembuatan Ethanol yang digunakan sebagai salah satu bahan bakar. 




Demikianlah postingan Artikel, Penemuan Unsur Hidrogen kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Oke, See you di postingan berikutnya.

Anda telah membaca Artikel, Penemuan Unsur Hidrogen dari link https://alamsyah029.blogspot.com/2016/11/penemuan-unsur-hidrogen.html

Baca Juga :


Post a Comment

 
Top