Judul : Koding dan Kecerdasan Artifisial
link : Koding dan Kecerdasan Artifisial
Koding dan Kecerdasan Artifisial: Keniscayaan Pendidikan di Indonesia
Menyadari potensi besar ini, Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Digital telah menetapkan lima prioritas pemanfaatan AI di Indonesia, yang mencakup layanan kesehatan, reformasi birokrasi, pendidikan talenta, pengembangan kota pintar, dan ketahanan pangan (Indonesia.go.id, 14/01/2025). Semua prioritas tersebut pada dasarnya bertumpu pada satu fondasi utama yaitu pendidikan.
Oleh karena itu, urgensi pembelajaran koding dan AI di tingkat pendidikan dasar dan menengah menjadi sebuah keniscayaan. Hal ini bukan sekadar tren, melainkan bagian dari kesiapan bangsa dalam menghadapi tantangan abad ke-21. Pembelajaran koding dan AI mengajarkan keterampilan vital seperti:
- Berpikir kritis dan logis
- Mendorong kreativitas dan inovasi
- Mengembangkan empati melalui teknologi
- Memahami nilai-nilai etis digital
Pembelajaran AI perlu dirancang sebagai literasi dasar baru yang terintegrasi dalam kurikulum.
Organisasi global seperti UNESCO sudah lama menyadari pentingnya hal ini. Mulai dari Qingdao Declaration (2015), Beijing Consensus (2019), hingga dokumen terbaru di tahun 2024 (AI Competency Framework for Students & AI Competency Framework for Teachers), semuanya menekankan perlunya integrasi AI ke dalam kompetensi inti guru dan siswa.
UNESCO membedakan antara teknik AI (metode) dan teknologi AI (produk). Peserta didik harus diajarkan untuk berinteraksi secara aman dan bermakna dengan AI. Peran guru menjadi garda terdepan untuk memastikan pemanfaatan teknologi ini etis, manusiawi, dan berpihak pada nilai-nilai kemanusiaan.
Dengan dukungan regulasi, strategi pemerintah yang jelas, dan arahan global yang kuat, sekarang adalah waktu yang tepat untuk menjadikan pembelajaran koding dan AI sebagai bagian tak terpisahkan dari ekosistem belajar anak-anak Indonesia.
Referensi
- PricewaterhouseCoopers. (2023). AI in ASEAN: Unlocking the Region’s Potential.
- Kementerian Komunikasi dan Digital. (2025). Strategi Nasional Pemanfaatan Kecerdasan Artifisial. Diakses dari Indonesia.go.id.
- UNESCO. (2015). Qingdao Declaration.
- UNESCO. (2019). Beijing Consensus on Artificial Intelligence and Education.
- UNESCO. (2024a). AI Competency Framework for Students.
- UNESCO. (2024b). AI Competency Framework for Teachers.
Anda telah membaca Berita Utama, KKA, Koding dan Kecerdasan Artifisial, Koding dan Kecerdasan Artifisial dari link https://alamsyah029.blogspot.com/2025/07/koding-dan-kecerdasan-artifisial.html
Posting Komentar