0
Koding dan Kecerdasan Artifisial dalam Pendidikan - Hai Sobat ALAMSYAH029, Pada artikel yang anda baca kali ini dengan judul Koding dan Kecerdasan Artifisial dalam Pendidikan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan KKA, Koding dan Kecerdasan Artifisial, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Koding dan Kecerdasan Artifisial dalam Pendidikan
link : Koding dan Kecerdasan Artifisial dalam Pendidikan

Koding dan Kecerdasan Artifisial dalam Pendidikan

Koding dan Kecerdasan Artifisial dalam Pendidikan: Sebuah Keniscayaan Masa Depan

Ilustrasi Dede Alamsyah - Koding & AI Di tengah dinamika global yang semakin digital, Indonesia tidak lagi punya pilihan selain turut bergerak cepat dalam memanfaatkan Kecerdasan Artifisial (KA) sebagai pendorong utama pertumbuhan ekonomi dan transformasi pendidikan. Studi PricewaterhouseCoopers (PwC, 2023) memperkirakan bahwa potensi kontribusi teknologi kecerdasan buatan terhadap ekonomi ASEAN bisa mencapai USD 1 triliun pada 2030, dan dari angka tersebut, Indonesia memiliki potensi paling besar: USD 366 miliar atau sekitar Rp 5,8 kuadriliun. Ini bukan angka kecil—ini adalah peluang besar.

Pemerintah, melalui Kementerian Komunikasi dan Digital, telah menetapkan lima prioritas pemanfaatan KA di Indonesia: layanan kesehatan, reformasi birokrasi, pendidikan talenta, pengembangan kota pintar, dan ketahanan pangan (Indonesia.go.id, 14/01/2025). Tapi perlu digarisbawahi: semua prioritas tersebut bertumpu pada satu hal fundamental—pendidikan.

Pada titik inilah urgensi pembelajaran koding dan KA di tingkat dasar dan menengah menjadi keniscayaan. Ini bukan soal ikut-ikutan tren, melainkan soal kesiapan bangsa menjawab tantangan abad 21. Koding dan KA bukan hanya mengajarkan teknis perangkat lunak atau keras, tapi juga:

  • Melatih berpikir kritis dan logis
  • Mendorong kreativitas dan inovasi
  • Mengembangkan empati melalui teknologi
  • Menumbuhkan kepekaan terhadap nilai-nilai etis digital

Karena itu, pembelajaran KA perlu dirancang tidak sekadar sebagai muatan tambahan, melainkan sebagai literasi dasar baru yang menyatu dalam kurikulum.

Lembaga dunia seperti UNESCO telah lama menyadari pentingnya ini. Sejak Deklarasi Qingdao (2015), UNESCO sudah menyerukan pentingnya pemanfaatan big data dalam pendidikan daring. Lalu dilanjutkan dengan Konsensus Beijing (2019) yang merekomendasikan penerapan KA secara luas dalam sistem pendidikan. Tidak hanya itu, dua dokumen penting UNESCO yang dirilis pada 2024: AI Competency Framework for Students dan AI Competency Framework for Teachers, menegaskan betapa pentingnya integrasi KA ke dalam kompetensi inti guru dan siswa.

UNESCO membedakan dua hal yang sering rancu: teknik KA (metode) dan teknologi KA (produk). Dalam dokumen kompetensi tersebut dijelaskan bahwa peserta didik harus mampu berinteraksi secara aman dan bermakna dengan KA, baik sebagai pengguna maupun pengembang. Guru pun dituntut untuk menjadi garda depan dalam menjaga agar penggunaan KA tetap etis, manusiawi, dan berpihak pada nilai-nilai kemanusiaan.

Dengan dukungan regulasi, strategi pemerintah, dan arahan global yang kuat, sekarang adalah saat yang tepat bagi kita—para pendidik, pembuat kebijakan, dan pemangku kepentingan pendidikan—untuk menjadikan pembelajaran koding dan KA sebagai bagian tak terpisahkan dari ekosistem belajar anak-anak Indonesia.


Sumber Referensi

  • PricewaterhouseCoopers. (2023). AI in ASEAN: Unlocking the Region’s Potential.
  • Kementerian Komunikasi dan Digital. (2025). Strategi Nasional Pemanfaatan Kecerdasan Artifisial. Diakses dari Indonesia.go.id
  • UNESCO. (2015). Qingdao Declaration.
  • UNESCO. (2019). Beijing Consensus on Artificial Intelligence and Education.
  • UNESCO. (2024a). AI Competency Framework for Students.
  • UNESCO. (2024b). AI Competency Framework for Teachers.


Demikianlah postingan KKA, Koding dan Kecerdasan Artifisial, Koding dan Kecerdasan Artifisial dalam Pendidikan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Oke, See you di postingan berikutnya.

Anda telah membaca KKA, Koding dan Kecerdasan Artifisial, Koding dan Kecerdasan Artifisial dalam Pendidikan dari link https://alamsyah029.blogspot.com/2025/07/koding-dan-kecerdasan-artifisial-dalam.html

Baca Juga :


Post a Comment

 
Top