0
Bobot Komponen Akreditasi SD, SMP, SMA, SMK - Hai Sobat ALAMSYAH029, Pada artikel yang anda baca kali ini dengan judul Bobot Komponen Akreditasi SD, SMP, SMA, SMK, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Administrasi Guru, Pendidikan, Perangkat Akreditasi, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Bobot Komponen Akreditasi SD, SMP, SMA, SMK
link : Bobot Komponen Akreditasi SD, SMP, SMA, SMK

Download Perangkat Akreditasi Lengkap SD, SMP, SMA, SMK


Bobot Komponen Akreditasi SD, SMP, SMA, SMK



KATA PENGANTAR

Sesuai dengan moto profesional, tepercaya, dan terbuka serta tagline “akreditasi bermutu untuk pendidikan bermutu”, Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) senantiasa berusaha meningkatkan mutu pelayanan, sistem, dan akreditasi sebagai lembaga penjaminan mutu pendidikan. BAN-S/M senantiasa melakukan evaluasi dan inovasi untuk memenuhi empat gatra akreditasi yang bermutu yaitu perangkat, asesor, manajemen, dan hasil-hasil yang bermutu. Sebagai lembaga penjaminan mutu pendidikan, BAN-S/M berusaha menjadikan dirinya sebagai lembaga pelayanan publik yang menyediakan informasi dan data akreditasi yang tersedia lengkap (available), mudah diperoleh (accessible), dan bermanfaat (beneficial).

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 002/H/AK/2017 tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi SD/MI, Nomor 003/H/AK/2017 tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi SMP/MTs, Nomor 004/H/AK/2017 tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi SMA/MA dan Nomor 005/H/AK/2017 tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi SMK mulai tahun 2017 BAN-S/M akan memberlakukan Perangkat Akreditasi 2017 untuk jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK. Perangkat Akreditasi 2017 merupakan perubahan atas Perangkat Akreditasi SD/MI (Permendiknas nomor 11/2009), SMP/MTs (Permendiknas Nomor 12/2009), SMA/MA (Permendiknas Nomor 52/2008), dan SMK (Permendiknas Nomor 13/2009). Perubahan tersebut diberlakukan dengan beberapa pertimbangan. Pertama, adanya Standar Nasional Pendidikan yang baru, terutama terkait dengan pemberlakuan Kurikulum 2013 dan penguatan pendidikan karakter. Kedua, kesalahan dan ketidaksesuaian Perangkat dengan keadaan dan praktik penyelenggaraan pendidikan. Ketiga, memperkuat Perangkat dan Sistem Akreditasi sebagai alat utama untuk penilaian mutu, pemetaan, dan penyusunan kebijakan pendidikan oleh masyarakat, Pemerintah Daerah, dan Pemerintah Pusat.

Perangkat Akreditasi 2017 merupakan satu kesatuan yang terdiri atas instrumen, petunjuk teknis, data pendukung, dan sistem penskoran. Proses penyusunan dan pengembangan Perangkat Akreditasi 2017 membutuhkan waktu lebih dari tiga tahun melalui tahapan kajian/penyusunan naskah akademik, uji coba di provinsi, expert judgement, validasi oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), penyelerasan dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, dan diskusi dengan Balitbang Kemendikbud serta pihak-pihak terkait lainnya. Perangkat Akreditasi 2017 berbeda dengan Perangkat Akreditasi sebelumnya. Pertama, dari sisi rujukan. Perangkat Akreditasi 2017 mengacu kepada Undangundang Sistem Pendidikan Nasional 20/2003, Peraturan Pemerintah yang terkait dengan pendidikan, Standar Nasional Pendidikan (SNP), Peraturan dan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan serta peraturan kependidikan lain yang terkait. Kedua, dari sisi jumlah butir dan metode penyajian. Perangkat Akreditasi 2017 memiliki jumlah butir pernyataan yang lebih relevan dan koheren. Masingmasing pernyataan disertai dengan petunjuk teknis, data pendukung dan bobot butir yang jelas sehingga memudahkan sekolah/madrasah, asesor dan pengguna. Selain itu dapat dikurangi semaksimal mungkin perbedaan pemahaman dan penilaian antara sekolah/madrasah dengan asesor untuk menjamin objektivitas hasil penilaian. Ketiga, pemeringkatan dan hasil akreditasi. Perangkat Akreditasi 2017 memiliki skor pemeringkatan yang lebih tinggi, dan hasil Akreditasi yang meliputi nilai, peringkat, dan predikat. Pada Perangkat Akreditasi sebelumnya hasil akreditasi hanya menyebutkan nilai dan peringkat. Keempat, teknik pengolahan data dengan Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah/Madrasah (SisPenA SM) berbasis web responsive yang dapat juga diakses dari berbagai perangkat mobile (smartphone, tab, dll.) untuk mempercepat dan mempermudah penyajian hasil Akreditasi.

Kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh anggota BAN-S/M, tim ahli, secretariat, dan semua pihak yang telah bekerja keras dan membantu penyusunan dan pengembangan Perangkat Akreditasi 2017. Kami mengharapkan saran, kritik, dan masukan yang konstruktif untuk menyempurnakan Perangkat Akreditasi 2017 ini sehingga lebih bermanfaat untuk meningkatkan mutu pendidikan dan sumberdaya manusia menuju Indonesia yang Berkemajuan.


Sedangkan Bobot Komponen Instrumen Akreditasi tahun 2018 terurai sebagai berikut:


1. Bobot Komponen Instrumen Akreditasi SD/MI
No
Komponen Akreditasi
Nomor Butir
Jumlah
Butir
Bobot
Komponen
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
1.
Standar Isi
1 – 10
10
14
2.
Standar Proses
11 – 31
21
14
3.
Standar Kompetensi Lulusan
32 – 38
7
14
4.
Standar Pendidik dan Tendik
39 – 54
16
16
5.
Standar Sarana dan Prasarana
55 – 75
21
12
6.
Standar Pengelolaan
76 – 90
15
10
7.
Standar Pembiayaan
91 – 106
16
10
8.
Standar Penilaian Pendidikan
107 – 119
13
10
Jumlah
119
100

2. Bobot Komponen Instrumen Akreditasi SMP/MTs
No
Komponen Akreditasi
Nomor Butir
Jumlah
Butir
Bobot
Komponen
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
1.
Standar Isi
1 – 9
9
14
2.
Standar Proses
10 – 30
21
14
3.
Standar Kompetensi Lulusan
31 – 37
7
14
4.
Standar Pendidik dan Tendik
38 – 56
19
15
5.
Standar Sarana dan Prasarana
57 – 80
24
13
6.
Standar Pengelolaan
81 – 95
15
10
7.
Standar Pembiayaan
96 – 111
16
10
8.
Standar Penilaian Pendidikan
112 – 124
13
10
Jumlah
124
100

3. Bobot Komponen Instrumen Akreditasi SMA/MA
No
Komponen Akreditasi
Nomor Butir
Jumlah
Butir
Bobot
Komponen
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
1.
Standar Isi
1 – 9
9
12
2.
Standar Proses
10 – 30
21
14
3.
Standar Kompetensi Lulusan
31 – 37
7
15
4.
Standar Pendidik dan Tendik
38 – 56
19
15
5.
Standar Sarana dan Prasarana
57 – 84
28
14
6.
Standar Pengelolaan
85 – 100
16
10
7.
Standar Pembiayaan
101 – 116
16
10
8.
Standar Penilaian Pendidikan
117 – 129
13
10
Jumlah
129
100

4. Bobot Komponen Instrumen Akreditasi SMK
No
Komponen Akreditasi
Nomor Butir
Jumlah
Butir
Bobot
Komponen
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
1.
Standar Isi
1 – 9
9
11
2.
Standar Proses
10 – 30
21
12
3.
Standar Kompetensi Lulusan
31 – 37
7
15
4.
Standar Pendidik dan Tendik
38 – 59
22
16
5.
Standar Sarana dan Prasarana
60 – 87
28
17
6.
Standar Pengelolaan
88 – 102
15
10
7.
Standar Pembiayaan
103 – 120
18
10
8.
Standar Penilaian Pendidikan
121 – 133
13
10
Jumlah
129
100






Demikianlah postingan Administrasi Guru, Pendidikan, Perangkat Akreditasi, Bobot Komponen Akreditasi SD, SMP, SMA, SMK kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Oke, See you di postingan berikutnya.

Anda telah membaca Administrasi Guru, Pendidikan, Perangkat Akreditasi, Bobot Komponen Akreditasi SD, SMP, SMA, SMK dari link https://alamsyah029.blogspot.com/2018/10/bobot-komponen-akreditasi-sd-smp-sma-smk.html

Baca Juga :


Post a Comment

 
Top