0
Masa - Masa Study Mobile Learning - Hai Sobat ALAMSYAH029, Pada artikel yang anda baca kali ini dengan judul Masa - Masa Study Mobile Learning , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Pendidikan, Story, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Masa - Masa Study Mobile Learning
link : Masa - Masa Study Mobile Learning

Masa - Masa Study Mobile Learning
Mobile learning adalah salah satu unsur pendukung dalam proses pendidikan dan pelatihan, dengan menggunakan media yang mobile, semacam PDA, Smart Phone dan juga Mobile Phone,( Desmon Keegan ).
 
Keuntungannya ialah :
Kombinasi teknologi telekomunikasi dan internet memungkinkan pengembangan sistem mobile learning atau m-learning yang pada sisi klien memanfaatkan divais begerak, berinteraksi dengan sisi server, yaitu web server. Meskipun saat ini m-learning masih berada pada tahap awal pengembangan serta relatif belum begitu mapan, namun, m-learning diperkirakan akan menjadi cukup pesat dalam jangka waktu dekat. Hal ini didukung oleh beberapa faktor : 
  1. Sarana makin banyak, murah dan canggih.
  2.  Perkembangan tekhnologi wireless / seluler ( 2G, 2.5G, 3G, 3.5G ). 
  3.  Tuntutan kebutuhan. 
Sebuah penelitian juga menunjukan bahwa pembelajar cukup nyaman menatap tampilan layar perangkat yang relatif kecil dalam waktu dibawah 5 menit.
  • Beberapa kelebihan m-Learning dibandingkan dengan pembelajaran lain adalah: 
  • Dapat digunakan dimana-pun pada waktu kapan-pun, 
  • Kebanyakan divais bergerak memiliki harga yang relatif lebih murah disbanding harga PC desktop, 
  • Ukuran perangkat yang kecil dan ringan daripada PC desktop, 
  • Diperkirakan dapat mengikutsertakan lebih banyak pembelajar karena m-Learning memanfaatkan teknologi yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
 Namun terdapat pula kerugiannya, diantarana : 
  1. Belum banyak informasi mengenai pemanfaatan divais bergerak, khususnya telepon seluler, sebagai media pembelajaran. Hal ini patut disayangkan mengingat tingkat kepemilikan dan tingkat pemakaian yang sudah cukup tinggi ini kurang dimanfaatkan untuk diarahkan bagi pendidikan.
  2. saat ini masih sangat sedikit upaya pengembangan konten-konten pembelajaran berbasis divais bergerak yang dapat diakses secara luas. Kebanyakan konten yang beredar di pasaran masih didominasi konten hiburan yang memiliki aspek pendidikan yang kurang serta kebanyakan adalah hasil produksi dari luar negeri yang memiliki latar budaya yang berbeda dengan negera kita. Kenyataan ini memunculkan kebutuhan akan adanya pengembangan-pengembangan konten/aplikasi berbasis divais bergerak yang lebih banyak, beragam, murah dan mudah diakses.
  3. m-Learning sendiri sebenarnya lambat laun akan dapat teratasi khususnya dengan perkembangan teknologi yang semakin maju. Kecepatan prosesor pada divais semakin lama semakin baik, sedangkan kapasitas memori, terutama memori eksternal, saat ini semakin besar dan murah. Layar tampilan yang relatif kecil akan dapat teratasi dengan adanya kemampuan device untuk menampilkan tampilan keluaran ke screencat, projector, ataupun TV.



Demikianlah postingan Pendidikan, Story, Masa - Masa Study Mobile Learning kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Oke, See you di postingan berikutnya.

Anda telah membaca Pendidikan, Story, Masa - Masa Study Mobile Learning dari link https://alamsyah029.blogspot.com/2017/01/masa-masa-study-mobile-learning.html

Baca Juga :


Post a Comment

 
Top