0
Soal Pedagogik P3K (PPPK) Pdf - Hai Sobat ALAMSYAH029, Pada artikel yang anda baca kali ini dengan judul Soal Pedagogik P3K (PPPK) Pdf, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan CPNS, PPPK, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Soal Pedagogik P3K (PPPK) Pdf
link : Soal Pedagogik P3K (PPPK) Pdf

Soal Pedagogik P3K (PPPK) Pdf - Soal Pedagogik merupakan salah satu tipe soal yang sering digunakan dalam seleksi PPPK, CPNS, maupun PPG. Contoh Soal Pedagogik merupakan beberapa soal untuk menguji kompetensi seorang guru di seluruh Indonesia.

Soal Pedagogik P3K (PPPK) Pdf
Soal Pedagogik P3K (PPPK) Pdf

Baca juga: 100 Contoh Soal Pedagogik Persiapan Tes PPPK Guru Honorer

Contoh-contoh soal yang admin bagikan merupakan hasil dari seluruh sumber mulai dari buku maupun internet. Artikel ini akan dibahas secara jelas pada pada kesempatan kali ini.

Di dalam upaya untuk meningkatkan profesionalisme seorang guru, maka pemerintah mengadakan uji penilaian terhahap kompetensi seorang guru. Uji ini tidak hanya seorang dengan jabatan sebagai guru di sekolah, namun jabatan guru sebagai kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan pengawas juga harus mengikuti uji tersebut.

Selain meningkatkan kompetensi guru, program uji pedagogik juga menunjang dalam peningkatan karir, kepangkatan, dan jabatannya seorang guru. Setelah guru mengikuti uji tersebut, maka sekolah atau pengawas daerah sekolah akan mempertimbangkan kembali karir guru.

Pengertian Pedagogik

Pedagogik adalah kemampuan milik seorang guru dalam mendidik peserta didiknya. Tidak hanya itu, pedagogik bisa dikatakan sebuah strategi pembelajaran yang dilakukan oleh seorang guru di dalam kelas. 

Kata pedagogik berasal dari bahasa Yunani Kuno yaitu Paedos, artinya anak laki-laki, dan Agogos artinya mengantar atau membimbing. Jika dikaitkan dengan pembelajaran di kelas, pedadogik dikatakan sebagai kemampuan seorang guru dalam mengantar atau membimbing peserta didik ke arah tujuan hidup yang lebih baik.

Kompetensi Pedagogik

Ada tujuh aspek kompetensi pedagogik yang harus dikuasasi oleh guru dan kompetensi ini tidak boleh dilakukan secara tiba-tiba malainkan kompetensi ini sudah harus tertanam di dalam diri seorang guru.

1. Menguasai Karakteristik Peserta Didik

Kompetensi ini merupakan hal paling dasar namun harus dimiliki guru. Ketika guru memasuki kelas, hal wajib pertama adalah bisa membaca atau mengetahui karakteristik peserta didik. Hal itu dikarenakan dengan mengetahui karakteristik setiap individu akan membantu proses pembelajaran.

2. Menguasi Teori dan Prinsip Pembelajaran

Dalam hal ini, sebelum guru memasuki kelas, guru harus menguasai teori dan prinsip pembelajaran. Setelah menguasai, guru akan dapat menyampaikan teori  dengan baik dan mudah dipahami oleh peserta didik.

3. Pengembangan Kurikulum

Selain mempersiapkan teori dan prinsip pembelajaran, guru pun harus mengembangkan atau merancang rencana pembelajaran yang sesuai dengan silabus. Hal ini diupayakan agar peserta didik mampu mencapai kompetensi yang sudah ditetapkan.

4. Kegiatan Pembelajaran

Di dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran, guru harus melaksanakan sesuai ketentuan yang berlaku di kurikulum dan mengaitkan dengan konteks kehidupan sehari-hari.

5. Pengembangan Potensi Peserta Didik

Kompetensi ini guru memberi ruang belajar kepada peserta didik dengan menyesuaikan cara belajarnya masing-masing.

6. Komunikasi dengan Peserta Didik

Komunikasi di dalam kelas pun sangatlah penting, dengan komunikasi yang baik antar guru dan peserta didik bisa menjadikan suasane kelas hidup.

7. Penilaian dan Evaluasi

Setelah melakukan proses pembelajaran di kelas, guru harus melakukan penilaian dan evaluasi. Guru perlu menilai bagaimana hasil di dalam pelaksanaan proses belajar yang sudah dilakukan. Setelah itu, guru harus mempunyai inovasi agar proses belajar selanjutnya dapat berjalan dengan baik.

Contoh Soal Pedagogik

Contoh soal pedagogik ini berjumlah sekitar 50 soal dari ke tujuh kompetensi. Anda bisa mengunduh atau mendownload contoh soal di bawah ini dengan mudah dan tentunya gratis.

A. SOAL PERKEMBANGAN KOGNITIF PESERTA DIDIK

1. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna Kognitif ialah...
A. Kemampuan berkomunikasi
B. Kemampuan memecahkan masalah
C. Kemampuan berinteraksi
D. Kemampuan untuk mengintegrasikan diri

2. Perkembangan kognitif merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam perkembangan peserta didik. Faktor utama yang mempengaruhi perkembangan kognitif adalah...
A. Inspirasi
B. Budaya
C. Inspirasi
D. Pengasuhan dan lingkungan

3. Kemampuan berfikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terkait dengan obyek-obyek yang konkrit merupakan ciri kemampuan anak berusia...
A. 0-2 tahun
B. 2-7 tahun
C. 7-11/12 tahun
D. 12-14 tahun

4. Menggunakan potongan sapu lidi, kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA serta IPS sebagai media adalah sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir anak yang dikenal sebagai tahapan...
A. Anak memahami bilangan dan angka tetapi masih terkait dengan obyek bersifat kongkrit (operasional konkrit)
B. Pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap lingkunganya (sensomotor)
C. Dominasi pengamatan bersifat egosentris
D. Kemampuan mengoperasikan kaidah logika yang tidak terikat lagi dengan obyek yang bersifat konkrit (operasional formal).

B. SOAL KOMPETENSI PEDAGOGIK PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL PESERTA DIDIK

5. Kemampuan peserta didik untuk membina hubungan dan kemampuan memotivasi diri termasuk kecerdasan...
A. Kognitif
B. Sosial
C. Emosional
D. Moral

6. Seorang peserta mampu mengendalikan diri dengan baik dalam berbagai situasi dan mampu mampu menjalin kerjasama yang baik dengan teman-temannya, dan mampu memposisikan diri di lingkungan dengan baik. Peserta didik tersebut memiliki kecerdasan...
A. Moral
B. spiritual
C. Sosial emosional
D. Kognitif

7. Seorang peserta didik selalu ingin mendominasi dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesempatan anggota lain untuk mengemukakan pendapat. Jika teman lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung belajar sendiri. Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam perkembangan...
A. sosial-emosional
B. kognitif
C. moral
D. spritual

C. SOAL PERKEMBANGAN MORAL PESERTA DIDIK

8. Peserta didik telah memiliki yang memiliki moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada standar-standar orang lain. Dia mengenal tindakan moral alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, dan kemudian memutuskan berdasarkan suatu kode moral pribadi. Hal ini merupakan contoh perilaku moral-spritual pada tahapan...
A. penalaran pascakonvensional
B. penalaran konvensional
C. penalaran prakonvensional
D. penalaran interkonvensional

9. Individu memandang apa yang diharapkan oleh keluarga, kelompok, masyarakat dan bangsa serta setia mendukung aturan social bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu yang berharga. Pernyataan tersebut merupakan tahapan perkembangan moral...
A. Prakonvensional
B. Konvensional
C. Pascakonvensional
D. Interkonvensional

D. SOAL KESULITAN BELAJAR SISWA

10. Memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler, melakukan rekreasi dengan guru, dan melakukan kegiatan informal lainnya memiliki fungsi untuk mengatasi kesulitan belajar dalam hal...
A. mengemukakan gagasan
B. mengaktualisasikan diri
C. penciptaan hubungan yang baik
D. menformulasikan tindakan
11.    Tindakan yang paling tepat dilakukan pada saat siswa mengalami kesulitan memahami pelajaran yang sedang diajarkan adalah:

A.      Mengulang kembali bahan yang diajarkan
B.       Memberikan tugas agar siswa mempelajari bahan yang belum dipahami
C.       Memberikan buku sumber untuk dipelajari siswa
D.      Membantu setiap siswa yang mengalami kesulitan

12.    Seorang peserta didik mampu mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru tetapi pada saat ditanya ia tidak mengerti apa yang ia dengar. Peserta didik tersebut mengalami kesulitan/ gangguan belajar dalam hal ....
A.      kesulitan akademis
B.       gangguan simbolik
C.       gangguan nonsimbolik
D.      gangguan sosial

13.    Perbedaan antara konseling dan wawancara terletak pada maksud dan tujuannya. Tujuan konseling adalah....
A.      Membantu siswa agar dapat memecahkan masalah pribadinya
B.       Menbantu siswa agar dapat melakukan penyesuaian diri dengan lingkungannya
C.      Membantu siswa agar dapat mengatasi kesulitan belajar
D.      Membantu siswa agar memperoleh informasi tertentu

14.    Cara yang yang paling cepat dan akurat yang digunakan untuk mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik yang bersumber dari faktor sosial adalah …
A.      sosiometri
B.       angket
C.       wawancara
D.      brainstorming

15.    Bila anda sebagai guru menemukan peserta didik mengalami kesulitan memahami materi pelajaran yang diberikan, tindakan apa yang akan dilakukan ?
A.      Memindahkantempat duduk peserta didik ke meja yang paling depan
B.       Mengulangi penjelasan bahan ajar kepada seluruh peserta didik
C.      Memberikan bantuan belajar kepada peserta didik yang bersangkutan
D.      Menugaskan seluruh peserta didik membaca buku sumber

16.    Peserta didik banyak meluangkan waktu untuk bermain dengan teman-temannya. Dia rela menghabiskan waktunya untuk teman daripada belajar. Ketika hasil tes dibagikan, serta didik mendapat nilai yang kurang memuaskan. berusaha menyadarkan siswa. hal tersebut merupakan penyadaran kesulitan belajar yang bersumber dari faktor ...
A.      keluarga
B.       sosial
C.       kondisi fisik
D.      intelektual

E. SOAL TEORI BELAJAR 
 
17.    Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar yang dimaksud adalah…
A.      Behaviorisme
B.       Humanistik
C.       Sibernetik
D.      Kontruktivisme

18.        Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar….
A.      Sibernetik
B.       Humannistik
C.       Behaviorisme
D.      Konstruktivisme

19.        Menurut teori ini, peranan guru dalam pembelajaran adalah sebagai fasilitator, motivator, dan memberikan kesadaran mengenai makna kehidupan pada siswa. Teori belajar ini berusaha memahami perilaku belajar dari sudut pandang pelakunya bukan dari sudut pandang pengamatnya. Teori belajar ini adalah ….
A.      Humanistik
B.       Konstruktivisme
C.       kognitivisme
D.      Nativisme

20.    Pada masa kini siswa dituntut untuk dapat belajar setiap saat dan bisa terjadi di manapun. Hal ini terjadi karena kemajuan teknologi yang memungkinkan belajar jarak jauh dalam jaringan atau online. Pernyataan diatas sejalan dengan teori belajar ….
A.      Sibernetik
B.       Konstruktivisme
C.       Behaviorisme
D.      Kognitivisme

Itu tadi 20 dari 50 butir soal yang bisa anda download dengan gratis dan tentu saja dalam format pdf yang siap dicetak.

Link Download Soal Pedagogik Pdf

Silakan klik tombol download berikut untuk mengunduh soal pedagogik beserta pembahasannya:

Download Soal Pedagogik Pdf

Walaupun soal-soal pedagogik tersebut sebagian sudah berisi kunci jawaban, tetapi disini admin harapkan agar tidak langsung percaya begitu saja dengan kunci jawabannya. Tetap belajar dari berbagai referensi untuk mengerjakan soal tersebut.

Demikian contoh soal pedagogik pppk (p3k) dalam format pdf. Semoga apa yang admin bagikan dapat bermanfaat bagi rekan-rekan semuanya. Selamat belajar.

Dapatkan update artikel langsung dengan bergabung di grup telegram → klik disini.

Baca juga: 100+ Contoh Soal Pedagogik Lengkap dengan Kunci Jawaban



Demikianlah postingan CPNS, PPPK, Soal Pedagogik P3K (PPPK) Pdf kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Oke, See you di postingan berikutnya.

Anda telah membaca CPNS, PPPK, Soal Pedagogik P3K (PPPK) Pdf dari link https://alamsyah029.blogspot.com/2021/07/soal-pedagogik-p3k-pppk-pdf.html

Baca Juga :


Post a Comment

 
Top