0
Contoh Soal Kompetensi Teknis Khusus PPPK Guru 2021 - Hai Sobat ALAMSYAH029, Pada artikel yang anda baca kali ini dengan judul Contoh Soal Kompetensi Teknis Khusus PPPK Guru 2021, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan PPPK, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Contoh Soal Kompetensi Teknis Khusus PPPK Guru 2021
link : Contoh Soal Kompetensi Teknis Khusus PPPK Guru 2021

Contoh Soal Kompetensi Teknis Khusus PPPK Guru 2021 - BKN RI membuka pendaftaran CASN atau CPNS dan PPPK 2021 yang dimulai pada tangal 30 Juni hingga 21 Juli 2021. Pengumuman hasil seleksi administrasi pada 28-29 Juli 2021.

Contoh Soal Kompetensi Teknis Khusus PPPK Guru 2021
Contoh Soal Kompetensi Teknis Khusus PPPK Guru 2021

Baca juga: Soal Kompetensi Manajerial 2021 + Kunci Jawaban (Paket 1)

Kuota CPNS 2021 sebanyak 707.622 formasi. Sedangkan untuk PPPK guru 20.960 formasi dan untuk formasi PPPK non-guru dengan alokasi 531.076 formasi.

Kompetensi Teknis adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur, dikembangkan yang spesifik berkaitan dengan bidang teknis jabatan.

Contoh Soal Kompetensi Teknis PPPK Guru 2021

Berikut 25 contoh soal kompetensi teknis khusus guru yang mengikuti seleksi PPPK 2021:

1. Dalam proses pembelajaran, agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan efektif maka guru perlu mempunyai sikap sebagai berikut, kecuali ...

A. Mendorong siswa untuk membuat keputusan sendiri

B. Memberi balikan dan pengayaan sebagaimana diperlukan

C. Mengusahakan suasana belajar yang menyenangkan

D. Memasukkan unsur yang tidak diperkirakan sebelumnya


2. Kriteria atau acuan atau pedoman dasar dalam menentukan pencapaian minimal hasil belajar peserta didik dinamakan.

A. Standar kompetensi lulusan (ski)

B. Standar batas minimum kelulusan

C. Ambang batas minimum lulus

D. Nilai ketuntasan minimal

E. Kriteria ketuntasan minimal (kkm)


3. Aspek yang berkaitan dengan perasaan, emosi, sikap, dan derajat penerimaan atau penolakan terhadap suatu obyek peserta didik.

A. Afektif

B. Kognitif

C. Psikomotorik

D. Emotif

E. Sensitif


4. Kemampuan yang dapat dilakukan atau ditampilkan untuk satu mata pelajaran atau kompetensi dalam mata pelajaran terteniu harus dimiliki oleh siswa disebut.

A. Kompetensi dasar

B. Standar kompetensi

C. lndikator

D. Kompetensi Iulusan

E. Kecakapan hidup


5. Berikut ini adalah prinsip-prinsip dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), kecuali ...

A. Memperhatikan perbedaan individu

B. Mendorong partisipasi aktif peserta didik

C. Memberikan umpan balik dan tindak Ianjut

D. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi

E. Keterkaitan dan keterpaduan isi dengan silabu


6.Yang tidak termasuk dalam 4 kompetensi yang harus dimiliki oleh guru profesional adalah

A. Kompetensi pedagogik

B. Kompetensi kepribadian

C. Kompetensi profesional

D. Kompetensi sosial

E. Kompetensi keahlian


7. Komponen RPP terdiri dari beberapa hal berikut ini Kecuali ...

A. ldentitas mata pelajaran

B. Standar kompetensi

C. KomPetensi dasar

D. Presensi pesena didik

E. Kegiatan pembelajaran


8. Berikut ini adaiah beberapa inovasi pendidikan yang pernah dicetuskan oleh pemerintah, kecuali

A. Calon belajar siswa aktif (cbsa)

B. Guru pamong

C. Sistem belajar jarakjauh

D. Sekolah bebas

E. Sekolah kecil


9. Undang undang yang mengatur tentang sistem pendidikan nasional adalah

A. Undang undang RI nomor 9 tahun 2003

B. Undang undang RI nomor 11 tahun 2003

C. Undang undang RI nomor 20 tahun 2003

D. Undang undang RI nomor 14 tahun 2003

E. Undang undang RI nomor 25 tahun 2003


10. Peraturan menteri pendidikan nomor 20 tahun 2007 mengatur tentang…

A. Standar penilaian pendidikan

B. Standar proses belajar mengajar

C. Penilaian berbasis kelas

D. Sertifikasi guru

E. Guru dan dosen


11. Kedudukan dosen sebagai tenaga profesional ditetapkan dalam ...

A. Bab ll pasal 3 uu guru dan dosen no. 14 tahun 2005

B. Bab II pasal 3 uu guru dan dosen no. 4 tahun 2005

C. Bab ll pasal 3 uu guru dan dosen no. 20 tahun 2005

D. Bab I pasal 2 uu guru dan dosen no. 14 tahun 2005

E. Bab I pasal 3 uu guru dan dosen no. 14 tahun 2005


12. Prinsip profesionalitas yang harus dimiliki dosen atau guru sesuai uu guru dan dosen adalah sebagai berikut, kecuali ...

A. Memiliki bakat, minat, panggilanjiwa dan idealisme

B. Memiliki komitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan, keimanan, ketaqwaan dan akhlak mulia

C. Mampu mengenal karaktetistik setiap siswa / setiap mahasiswa diperguruan tinggi / sekolahan

D. Memiliki kualifikasi akademik dan Iatar belakang pendidikan sesuai dengan bidang tugas

E. Memiliki kompeteensi yang diperlukan sesuai dengan bidang tugas

(Kunci Jawaban : C)


13. Yang termasuk kewajiban seorang guru dan dosen

A. Melaksanakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat

B. Memperoleh penghasilan diatas kebutuhan minimum dan jaminan kesejahteraan sosial

C. Mendapatkan promosi dan penghargaan sesuai dengan tugas dan prestasi

D. Memperoleh perlindungan dalam melaksanakan tugas dan hak atas kekayaan intelektual

E. Memiliki kebebasan dalam memberikan penilaian dan penentuan kelulusan pesena didiknya


14. Yang tidak termasuk aspek evaluasi kurikulum adalah

A. Evaluasi hasil implementasi kurikulum

B. Evaluasi implementasi kurikulum

C. Evaluasi dokumen kurikulum

D. Evaluasi reflektif

E. Evaluasi komprehensif


15. Berikut ini merupakan permasalahan dalam pendidikan yang mendasar, kecuali ...

A. Mahalnya biaya pendidikan

B. Korupsi dana pendidikan

C. Kurangnya minat masyrakat akan pendidikan

D. Kurangnya fasilitas pendidikan

E. Diskriminasi status guru

(Kunci Jawaban : C)


16. Agar siswa bereaksi terhadap materi yang kita berikan, maka gambar yang akan digunakan sebagai media pembelajaran dalam proses belajar S – R haruslah ...

A. Berwarna gelap

B. Seminimal mungkin

C. Berwarna warni

D. Semaksimal mungkin


17. Dibawah ini adalah contoh dari adanya dampak dari keyakinan akan kemampuan diri seorang siswa, yaitu:

A. Ratna dapat menyelesaikan tugasnya dengan bantuan orang tua

B. Hesti merasayakan sakit perut karena akan mengikuti tes

C. Yanto merasakan pusing setelah mengerjakan tugas yang diberikan guru

D. Adi menangis setelah berargumen dengan agus untuk berebut mengerjakan tugas


18. Dalam menerapkan strategi pembelajaran berbasis multipel intelegensi, ada langkah Iangkah yang dapat digunakan antara lain…

A. Membuat kebijakan baru mengenai srategi pembelajaran

B. Mengkaji kembali apa yang telah dipelajari oleh siswa

C. Memberdayakan semua imelegensi yang dimiliki oleh siswa

D. Menyediakan fasilitas yang Iengkap untuk semua jenis kecerdasan


19. Kegiatan berikut adalah salah satu cara untuk mengaktifkan indra anak didik kita agar dapat berkembang secara maksimal, yaitu…

A. Siswa berolah raga dilapangan

B. Guru memberi hadiah kepada siswa berprestasi

C. Siswa diajak berkarya wisata

D. Siswa belajar diruang Iaboratorium bahasa


20. Pada waktu mengajar, guru memberikan hadiah atau pujian kepaada siswa yang berhasil menjawab atau menyelesaikan satu soal. Dalam hal ini guru menerapkan teori belajar

A. Classical conditioning

B. Connectionism

C. Behaviorism

D. Operant conditioning


21. Ada tahap tahap yang harus dilalui guru pada waktu mengembangkan strategi pembelajaran. Salah satunya adalah guru menetapkan atau merumuskan tujuan untuk mengukur keberhasilan dari proses pembelajaran tersebut. Apa yang dilakukan oleh guru tersebut ada pada tahap pengembangan …. ..

A. Kurikulum

B. Kerangka pembelajaran

C. Sistem

D. Evaluasi


22. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur kemampuan efektif siswa, digunakan

A. Tes obyektif

B. Tes berupa angket

C. Tes kemampuan gerak

D. Tes kemampuan fungsional otot tubuh


23. Langkah pertaama dalam mencari nilai rata rata yang tidak dikelompokkan yaitu

A. Menjumlahkan skor skor yang diperoleh

B. Menentukan jumlah besar nya orang dalam kelas

C. Mencari nilai rata rata dengan pendekatan rumus

D. Menentukan rentang skor terbesar dikurangi skor terkecil

(Kunci Jawaban : A)


24. Yang tidak termasuk dalam karakteristik kecerdasan interpersonal adalah

A. Mampu bermain dalam kelompok

B. Mampu menjadi pemimpin

C. Mudah berkonsentrasi

D. Peka terhadap teman


25. Suatu teori belajar dikembangkan untuk membangun prinsip prinsip belajar secara ilmiah. Ini merupakan tujuan dari teori belajar...

A. Insight

B. Kognitif

C. Conditioning

D. Connectionism


Demikian contoh soal kompetensi teknis khusus PPPK Guru tahun 2021, semoga apa yang admin bagikan bisa bermanfaat bagi anda semuanya. Bagi anda yang sedang mempersiapkan diri mengikuti ujian PPPK silakan cek artikel dibawah ini untuk mempelajari beragam soal persiapan seleksi PPPK.

Baca juga: Download Kumpulan Soal P3K (Semua Formasi) dan Jawabannya

Dapatkan info pendidikan terbaru dengan bergabung ke grup telegram → klik disini.



Demikianlah postingan PPPK, Contoh Soal Kompetensi Teknis Khusus PPPK Guru 2021 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Oke, See you di postingan berikutnya.

Anda telah membaca PPPK, Contoh Soal Kompetensi Teknis Khusus PPPK Guru 2021 dari link https://alamsyah029.blogspot.com/2021/07/contoh-soal-kompetensi-teknis-khusus.html

Baca Juga :


Post a Comment

 
Top