4
Materi Simkomdig KD 3.3 dan 4.3 - Mengevaluasi Paragraf - Hai Sobat ALAMSYAH029, Pada artikel yang anda baca kali ini dengan judul Materi Simkomdig KD 3.3 dan 4.3 - Mengevaluasi Paragraf , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Bahan Ajar, SIMKOMDIG, SMK, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Materi Simkomdig KD 3.3 dan 4.3 - Mengevaluasi Paragraf
link : Materi Simkomdig KD 3.3 dan 4.3 - Mengevaluasi Paragraf

MATERI KD 3.3 - 4.3 

SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL

Mengevaluasi Paragraf Deskriptif, Argumentatif, Naratif, 
dan Persuasif



Kompetensi Dasar :
3.3 Mengevaluasi Paragraf Deskriptif, Argumentatif, Naratif, dan Persuasif. 
4.3 Menyusun kembali format dokumen pengolah kata. 

Tujuan : 
Melalui pembelajaran Daring siswa dapat menggali informasi dan memahami paragraf deskriptif, argumentatif, naratif, dan persuasif dan menyusun kembali format dengan menggunakan sebuah aplikasi pengolah kata.


1. Paragraf Deskriptif

Paragraf deskriptif adalah sebuah paragraf yang menggambarkan atau melukiskan sebuah objek tertentu melalui kata-kata yang bisa merangsang panca indera sehingga pembaca seolah-olah melihat atau merasakan sendiri benda objek yang dideskripsikan oleh penulis.

Ciri-ciri Paragraf Deskriptif :

  1. Menggambarkan atau melukiskan suatu objek seperti benda, tempat, atau suasana tertentu.
  2. Melibatkan panca indra (pendengaran, penglihatan, penciuman, pengecapan, dan perabaan)
  3. Menjelaskan ciri-ciri fisik dan sifat objek tertentu seperti warna, ukuran, bentuk, dan kepribadian secara terperinci. 
  4. Banyak ditemukan kata-kata atau frase yang bermakna keadaan atau kata sifat.

Jenis Paragraf Deskripsi :

  • Deskripsi Spatial: Paragraf ini menggambarkan atau melukiskan suatu objek yang berupa ruang atau tempat.
  • Deskripsi Subjektif; Paragraf ini berisi gambaran atau lukisan objek yang didasarkan tafsiran atau kesan perasaan penulisnya. Penulis menggambarkan objek tersebut dengan opini atau kesan pribadinya.
  • Deskripsi Objektif: Deskripsi objektif adalah suatu paragraf yang menggambarkan atau melukiskan suatu objek tertentu secara apa adanya sehingga pembaca dapat membayangkan keadaan yang sebenarnya pada objek tersebut. Paragraf ini tidak disertai dengan opini atau kesan penulis.

2. Paragraf Argumentasi

Paragraf argumentasi adalah sebuah paragraf yang gagasan utamanya dikembangkan dengan cara menjabarkan pendapat, ulasan, bahasan, atau ide pribadi penulisnya. Tujuan dari paragraf ini adalah untuk menyakitkan, atau mempengaruhi pembaca agar memiliki pendapat yang sama dengan pendapat penulis.

Ciri-ciri Paragraf Argumentasi

  • Berisi pendapat, pandangan, atau keyakinan penulis terhadap suatu permasalahan.
  • Memiliki data-data faktual yang digunakan untuk meyakinkan pembaca.
  • Menjabarkan suatu permasalahan dengan cara menganalisa dan menganalogikan.
  • Diakhiri dengan kesimpulan berupa pendapat yang lebih luas bukan merupakan penegasan kembali topik utama.

Jenis-jenis Paragraf Argumentasi:

  • Paragraf Argumentasi Sebab-Akibat

Paragraf ini diawali dengan pendapat-pendapat yang berupa sebab-sebab dari suatu permasalahan tertentu yang pada akhirnya diarahkan pada satu kesimpulan umum yang disebut juga dengan akibat dari sebab-sebab tersebut.

  • Paragraf Argumentasi Akibat-Sebab

Paragraf argumentasi ini diawali dengan pendapat-pendapat yang berupa akibat dari suatu permasalahan tertentu dan pada bagian akhir paragraf dijabarkan apa yang menjadi penyebab akibat-akibat tersebut.

 

3. Paragraf Naratif

Paragraf naratif adalah jenis karangan yang mengungkapkan suatu kisah, peristiwa, atau pengalaman pribadi berdasarkan urutan-urutan kejadian atau peristiwa. Paragraf naratif merupakan paragraf yang berisi tentang pemaparan suatu kejadian yang dirangkai dalam kesatuan waktu.

Ciri-ciri Paragraf Naratif:

  • Ada tokoh, tempat, waktu, dan suasana yang diceritakan
  • Mementingkan urutan waktu maupun urutan peristiwa
  • Tidak hanya terdapat dalam karya fiksi (cerpen, novel, roman) tetapi juga terdapat dalam tulisan nonfiksi (biografi, cerita nyata dalam surat kabar, sejarah, riwayat perjalanan).

Jenis-jenis Paragraf Naratif:

  • Paragraf Naratif Urutan Waktu: Paragraf naratif urutan waktu menonjolkan sisi urutan waktu terjadinya peristiwa. Hal ini sering disebut dengan istilah kronologi.
  • Paragraf Naratif Urutan Tempat Kejadian: Paragraf naratif urutan tempat menonjolkan tempat atau lokasi terjadinya peristiwa.

4. Paragraf Persuasif

Paragraf persuasif adalah paragraf yang isinya berusaha untuk merebut perhatian pembaca. Paragraf ini disajikan secara menarik, meyakinkan mereka bahwa pengalaman yang disiratkan itu merupakan suatu hal yang amat penting. Karena itu, terkadang paragraf persuasi sering digunakan sebagai paragraf propaganda oleh lembaga kesehatan, pemerintah, dan lain-lain.

Ciri-Ciri Paragraf Persuasif:

  • Penulis memahami bahwa pendirian dan pemahaman pembaca dapat diubah.
  • Berusaha menjelaskan dan menarik kepercayaan pembaca
  • Berusaha menciptakan kesepakatan atau penyesuaian melalui kepercayaan antara penulis dengan pembaca.
  • Berusaha menghindari konflik agar kepercayaan tidak hilang dan supaya kesepakatan pendapatnya tercapai.
  • Menunjukkan fakta-fakta dan data untuk menguatkan argumentasi atau dalil

Jenis-jenis Paragraf Persuasif:

  • Persuasi politik

Sesuai dengan namanya, persuasi politik dipakai dalam bidang politik oleh orang-orang yang berkecimpung dalam bidang politik dan kenegaraan. Para ahli politik dan kenegaraan sering menggunakan pesuasi jenis ini untuk keperluan politik dan negaranya. Kita akan bisa memahami persuasi politik lebih baik lagi, bila kutipan berikut ini kita kaji dengan teliti. Naskah persuasi politik berikut ini berkombinasi dengan eksposisi.

  • Persuasi pendidikan

Persuasi pendidikan dipakai oleh orang-orang yang berkecimpung dalam bidang pendidikan dan digunakan untuk mencapai tujuan-tujuan pendidikan. Seorang guru, misalnya, bisa menggunakan persuasi ini untuk mempengaruhi anak supaya mereka giat belajar, senang membaca dan lain-lain. Seorang motivator atau inovator pendidikan bisa memanfaatkan persuasi pendidikan dengan menampilkan konsep-konsep baru pendidikan untuk bisa dilaksanakan oleh pelaksana pendidikan. Kutipan artikel berita ini dapat dijadikan bahan menelaah karangan persuasi pendidikan.


 





Demikianlah postingan Bahan Ajar, SIMKOMDIG, SMK, Materi Simkomdig KD 3.3 dan 4.3 - Mengevaluasi Paragraf kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Oke, See you di postingan berikutnya.

Anda telah membaca Bahan Ajar, SIMKOMDIG, SMK, Materi Simkomdig KD 3.3 dan 4.3 - Mengevaluasi Paragraf dari link https://alamsyah029.blogspot.com/2021/02/materi-simkomdig-kd-33-dan-43.html

Baca Juga :


Post a Comment

 
Top