0
Tipe Guru yang Dibutuhkan Indonesia - Hai Sobat ALAMSYAH029, Pada artikel yang anda baca kali ini dengan judul Tipe Guru yang Dibutuhkan Indonesia, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Tipe Guru yang Dibutuhkan Indonesia
link : Tipe Guru yang Dibutuhkan Indonesia

Tipe Guru yang dibutuhkan IndonesiaPendidikan memiliki peran yang sangat vital dalam membentuk karakter dan kepribadian bangsa. Seorang tenaga pendidik tentunya memiliki peranan yang sangat penting dalam mewujudkan kepribadian dan karakter bangsa yang bermartabat. Banyak tantangan yang dihadapi oleh bangsa ini sehingga membutuhkan karakter dan kepribadian yang cakap sehingga dapat memberikan solusi permasalahan negara ini. Menurut buku " The Innovator's Mindset ", ada beberapa tipe guru yang diperlukan jika ingin menghadapi rintangan dan tantangan global. Berikut uraian singkatnya :

Tipe Guru yang Mudah Beradaptasi

Setiap makhluk hidup pasti membutuhkan kemampuan untuk beradaptasi terhadap perubahan - perubahan yang terjadi. Termasuk pendidik, juga harus memiliki kemampuan beradaptasi ini. Karena perubahan keadaan secara global menuntut seorang pendidik bisa beradaptasi dan berteman dengan kondisi negara pada saat sekarang ini. Bisa kita lihat apabila pendidikan di jaman dulu lebih tegas dan  kaku, pada saat sekarang ini pendidik harus lebih bisa untuk melakukan tindakan - tindakan yang bisa menarik perhatian siswa agar siswa memiliki keinginan untuk belajar.

Tipe Guru yang Menghargai Perbedaan Pendapat

Banyaknya siswa yang diajar, sehingga membuat perbedaan pendapat masing - masing siswa menjadi lebih banyak. Para pendidik seharusnya bisa menghargai pendapat - pendapat siswa mereka yang memiliki berbagai perbedaan ini.

Tipe Guru yang Kritis

Pendidik perlu membiasakan siswa untuk mencari kebenaran dari sebuah informasi yang didapatkan. Sering terjadi akibat tuntutan dan tekanan yang besar membuat para pendidik melewatkan proses - proses pencarian fakta dari sebuah informasi sehingga pendidik juga ikut - ikutan menyebarkan kebohongan.

Guru yang Bisa Berkolaborasi

Guru juga seorang manusia. Guru bukanlah orang yang serba tahu akan sesuatu. Mengingat fakta inilah seorang guru harus mengingatkan siswanya untuk bisa belajar dari siapapun dan dimanapun.

Guru yang bisa berinovasi

Seorang guru pada masa sekarang ini wajib menciptakan suasana dan lingkungan yang mendukung untuk melakukan proses belajar mengajar menjadi lebih kondusif. Seorang guru dituntut untuk kreatif dan inovatif untuk menciptakan suasana dan lingkungan belajar yang baik.

Tipe Guru Pemimpin

 Memiliki sifat kepemimpinan mampu mempengaruhi orang lain untuk melakukan sesuatu. Itulah alasan mengapa seorang guru harus memiliki sifat ini. Agar siswa dapat patuh dan taat secara positif atas saran dan ajaran seorang guru.

Tipe Guru Pendongeng

Untuk merangsang semangat siswa, para guru dirasa perlu untuk menjadi pendongeng yang baik dan membiarkan siswa berimajinasi dan berkreasi. Hal ini untuk mencegah kebosanan para siswa dan murid.

Tipe Guru Perancang

Merancang suasana belajar di dalam ruangan ataupun di luar ruangan yang membuat siswa tidak merasa bosan dan tetap menjaga semangat siswa dalam menimba ilmu pendidikan.

Tipe Guru Seniman

 Seorang guru harus memiliki seni dalam menerapkan ilmu kepada siswa - siswi mereka. Setiap anak memiliki karakter tertentu, dan seorang guru harus memiliki seni tertentu pula dalam menyikapi tingkah laku siswa - siswi mereka.

Itulah tipe - tipe guru yang diperlukan oleh negara ini pada masa sekarang. Dengan adanya guru yang bertipe seperti penjelasan diatas, saya yakin dunia pendidikan bukan lagi menjadi sebuah kebosonan dan rutinitas, akan tetapi menjadi sebuah kebutuhan dimana anak bisa mendapatkan banyak hal dari pendidikan ini, khususnya dari guru mereke.


Demikianlah postingan Artikel, Tipe Guru yang Dibutuhkan Indonesia kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Oke, See you di postingan berikutnya.

Anda telah membaca Artikel, Tipe Guru yang Dibutuhkan Indonesia dari link https://alamsyah029.blogspot.com/2016/10/tipe-guru-yang-dibutuhkan-indonesia.html

Baca Juga :


Post a Comment

 
Top