0
50 Soal PPPK Kompetensi Teknis 2021 + Kunci Jawaban - Hai Sobat ALAMSYAH029, Pada artikel yang anda baca kali ini dengan judul 50 Soal PPPK Kompetensi Teknis 2021 + Kunci Jawaban, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan PPPK, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 50 Soal PPPK Kompetensi Teknis 2021 + Kunci Jawaban
link : 50 Soal PPPK Kompetensi Teknis 2021 + Kunci Jawaban

50 Soal PPPK Kompetensi Teknis 2021 + Kunci Jawaban

50 Soal PPPK Kompetensi Teknis 2021 + Kunci Jawaban - Berikut adalah contoh-contoh soal PPPK kompetensi teknis tahun 2021. Untuk mempersiapkan diri menghadapi PPPK 2021 yang akan segera dihadapi oleh seluruh guru honorer di Indonesia, admin akan memberikan latihan-latihan soal Kompetensi Teknis PPPK 2021.

Baca juga: Soal dan Pembahasan Kompetensi Manajerial Seleksi PPPK Tahun 2021

Kompetensi Teknis adalah kemampuan kerja setiap PNS yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yang mutlak diperlukan dalam melaksanakan tugas-tugas jabatannya.

Latihan soal sangat diperlukan untuk mengasah kemampuan memahami variasi-variasi soal yang ada di tes PPPK. Untuk mempersiapkan diri yang lebih baik dalam menghadapi tes PPPK maka admin berikan contoh soal PPPK kompetensi teknis dibawah ini.

Soal Kompetensi Teknis 2021

Soal No 1
Pernyataan berikut yang berkenaan dengan rasional pengembangan kurikulum 2013, kecuali....
A. Memadatkan kurikulum sebelumnya agar capaian kompetensi siswa lebih kaya dan luas
B. Capaian di TIMSS dan PISA tidak menggembirakan
C. Adanya perkembangan penduduk usia produktif Indonesia yang membutuhkan kompetensi dan keterampilan yang memadai
D. Tuntutan pendidikan yang mengacu kepada 8 standar nasional pendidikan

Soal No 2
Media pembelajaran yang cocok untuk menjelaskan materi tentang Kenarok dan Kendedes adalah ....
A. Sejarah tokoh masyarakat Jawa
B. Sumber buku paket
C. Gambar peta dan globe
D. Video kisah Kenarok dan Kendedes

Soal No 3
Tindakan yang paling tepat dilakukan pada saat siswa mengalami kesulitan memahami pelajaran yang sedang diajarkan adalah:
A. Mengulang kembali bahan yang diajarkan
B. Memberikan tugas agar siswa mempelajari bahan yang belum dipahami
C. Memberikan buku sumber untuk dipelajari siswa
D. Membantu setiap siswa yang mengalami kesulitan

Soal No 4
Insting : naluri = .......
A. Relative : hamper
B. Inspirasi : ilham
C. Instruksi : instruktur
D. Remang: gelap

Soal No 5
Sinonim dari kata MADAR adalah....
A. Tidak berperasaan
B. Nasihat dari ulama
C. Sejenis pantun
D. Tembok di atas menara-menara

Soal No 6
Berikut ini merupakan karakteristik soal HOTS, kecuali….
A. Non-algoritmik, kompleks, diperoleh berbagai solusi, melibatkan ketidakpastian
B. Soal non-rutin, kontekstual, melibatkan antar disiplin ilmu, kontekstual
C. Selalu soal cerita, bukan pilihan ganda, soal terbuka, dan bentuk komputasi
D. Melibatkan proses kognitif dasar untuk menggeneralisasi dan mengorganisasi informasi, keterampilan analisis dan sintesis, serta proses kreativitas dan evaluasi

Soal No 7
Dalam proses belajar mengajar, Bu Dini menyampaikan kepada siswa bahwa dalam pembelajaran tersebut Bu Dini akan menggunakan pembelajaran berbasis masalah. Selain itu, Bu Dini juga menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan. Rancangan kegiatan pembelajaran di RPP-nya berada tahap….
A. Pendahuluan
B. Inti
C. Penutup
D. Pengayaan

Soal No 8
Sinonim dari kata PERESTROIKA adalah....
A. Penataan kembali
B. Pelabelan produk
C. Aturan main
D. Sentuhan tradisional

Soal No 9
Untuk memudahkan penetapan materi pembelajaran, dapat mengacu pada rumusan….
A. kompetensi dasar
B. standar kompetens
C. indikator
D. metode pembelajaran

Soal No 10
Pak Joko telah melaksanakan pembelajaran topik barisan dan deret, dan ia mendapatkan cukup banyak siswa yang belum dapat mengidentifikasi konsep tersebut pada situasi nyata dari refleksi proses pembelajaan dan hasil tes formatif. Bagaimana refleksi yang perlu dilakukan Pak Joko untuk meningkatkan kompetensi profesionalnya?
A. Melakukan remidi tes formatif dengan soal berbeda
B. Mengulang pembelajaran barisan dan deret bagi yang kesulitan
C. Menerapkan strategi pembelajaran dikaitkan situasi nyata
D. Menggunakan alat peraga barisan dan deret

Soal No 11
Kebalikan dari FILANTROPI adalah….
A. Ringan tangan
B. Kikir
C. Cekatan
D. Kekuatan

Soal No 12
Etika Pancasila adalah …..
A. Ketuhanan, kemanusiaan dan keadilan
B. Keagamaan, social dan kerakyatan
C. Kebangsaan , kedaerahan dan kebudayaan
D. Ketuhanan, kerakyatan dan kebangsaan

Soal No 13
Dibawah ini merupakan contoh akan adanya dampak dari keyakinan pada kemampuan diri seorang peserta didik, yaitu....
A. Andi dapat menyelesaikan tugasnya dengan bantuan orang tua.
B. Budi merasakan sakit perut karena akan mengikuti tes.
C. Carlos merasakan pusing setelah mengerjakan tugas yang diberikan guru
D. Dendi menangis setelah berantem dengan agus untuk berebut mengerjakan tugas.

Soal No 14
Manakah di antara pernyataan berikut yang tidak tepat terkait dengan kompetensi inti….
A. Kompetensi inti berfungsi sebagai unsur pengorganisasi kompetensi dasar
B. Semua kompetensi inti harus dicapai melalui pembelajaran langsung
C. Kompetensi inti merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai standar kompetensi lulusan
D. Kompetensi inti dapat dicapai melalui proses pembelajaran intrakulikuler, kokulikuler, dan/ atau ekstrakurikuler

Soal No 15
Seorang peserta didik mampu mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru tetapi pada saat ditanya ia tidak mengerti apa yang ia dengar. Peserta didik tersebut mengalami kesulitan/gangguan belajar dalam hal ....
A. kesulitan akademis
B. gangguan simbolik
C. gangguan nonsimbolik
D. gangguan sosial

Soal No 16
Upaya guru dalam memanfaatkan hasil analisis untuk menentukan ketuntasan belajar antara lain sebagai berikut....
A. menentukan kriteria keberhasilan belajar
B. mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya
C. mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yang diharapkan
D. merencanakan pengajaran remidi

Soal No 17
Merancang berbagai kegiatan menulis di kelas tinggi
Berikut adaah kegiatan menulis lanjutan di kelas tinggi,kecuali....
A. Menulis tentang berbagai topik
B. Menulis pengumuman
C. Menulis pantun
D. Menulis memo

Soal No 18
Tolak ukur dari Kompetensi Dasar yang dipelajari siswa sehingga muatan kemampuan yang ada di dalamnya harus sejalan dengan muatan kemampuan pada Kompetensi Dasar. Komponen yang dimaksud adalah....
A. Kompetensi Inti
B. Kompetensi Dasar
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
D. Tujuan Pembelajaran

Soal No 19
Penggunaan huruf kapital di bawah ini yang benar adalah....
A. “kapan bapak berangkat?” tanya dirman
B. Presiden jokowi berkunjung ke blora.
C. Dari Ave Maria ke Jalan Lain ke Roma
D. teluk bone sungguh indah dan mengagumkan.

Soal No 20
Yang merupakan kalimat petunjuk adalah…
A. Minumlah obat ini setelah makan!
B. Aduh, aku lupa membawa obat maag!
C. Benarkah rumah Pak Ahmad bercat hijau?
D. Alangkah indahnya pemandangan di desa ini! 

Soal No 21
Dalam menerapkan strategi pembelajaran berbasis multiple intelegensi, ada langkah-langkah yang dapat digunakan antara lain....
A. Membuat kebijakan baru mengenai strategi pembelajaran
B. Mengkaji Kembali apa yang telah dipelajari oleh peserta didik
C. Memberdayakan semua intelegensi yang dimiliki peserta didik.
D. Menyediakan fasilitas yang lengkap untuk semua jenis kecerdasan

Soal No 22
Kehangatan dan keantusiasan, kebermaknaan dan menghindari penggunaan respon negatif adalah bagian dari ….
A. Tujuan motivasi
B. Tujuan mengadakan penguatan
C. Komponen-komponen mengadakan penguatan
D. Prinsip penggunaan penguatan

Soal No 23
Hal yang mengandung makna Pancasila sebagai kaidah dasar Negara bersifat…….
A. jujur dan adil
B. mengikat dan memaksa
C. sementara dan selamanya
D. sebenarnya dan sejujunya

Soal No 24
Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara….
A. memberikan penilaian menyeluruh terhadaptugas-tugas peserta didik
B. mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil tes harian dan ulangan akhir semester tiap peserta didik
C. mengumpulkan hasil kerja masing-masing peserta didik yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan peserta didik dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar
D. mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap peserta didik untuk melihat kesulitan peserta didik dalammemahami pokokbahasan tertentu dankemudian diberikan pembelajaran dan tes remidi

Soal No 25
Kemampuan berfikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terkait dengan obyek obyek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia
A. 0 - 2 tahun
B. 2 -- 7 tahun
C. 7 -- 11/12 tahun
D. 11/12/ -- 14/15 tahun

Untuk lanjutan soal PPPK Kompetensi Teknis 2021 + Kunci Jawabannya dapat anda unduh dengan menekan tombol download dibawah ini.

50 Soal Kompetensi Teknis

Demikian sharing mengenai 50 Soal PPPK Kompetensi Teknis 2021 beserta Kunci Jawabannya. Semoga apa yang admin bagikan dapat bermanfaat bagi rekan-rekan semuanya.

Untuk update terbaru soal-soal PPPK maupun CPNS silakan bergabung dengan grup telegram: klik disini.

Baca juga: 100 Contoh Soal Pedagogik Persiapan Tes PPPK Guru Honorer



Demikianlah postingan PPPK, 50 Soal PPPK Kompetensi Teknis 2021 + Kunci Jawaban kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Oke, See you di postingan berikutnya.

Anda telah membaca PPPK, 50 Soal PPPK Kompetensi Teknis 2021 + Kunci Jawaban dari link https://alamsyah029.blogspot.com/2021/05/50-soal-pppk-kompetensi-teknis-2021.html

Baca Juga :


Post a Comment

 
Top